Jumat, 30 November 2012

Test Pack

Sebuah iklan produk alat uji kehamilan dengan tagline "Serasa punya lab sendiri.." memancing rasa penasaran saya akan benda yang tak asing bagi suami istri ini. Test pack, begitu benda ini disebut. Kok bisa ya jadi parameter untuk menunjukkan hamil atau tidaknya seorang wanita. Saya sempat bertanya pada seorang teman, namun nampaknya dia juga tidak paham bagaimana cara kerjanya Test pack ini.

Terus diburu rasa ingin tahu, search engine pun membawa saya pada sebuah artikel dalam bahasa Inggris yang bisa anda akses melalui Link ini. Dalam artikel itu yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, menjelaskan cara kerja dari Test Pack. Cara kerjanya, alat ini mendeteksi hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin), yaitu hormon yang diproduksi setelah terjadi pembuahan. Pada perempuan hamil akan terdeteksi kadar hCG yang cukup tinggi dalam urinenya (sedikitnya akan mencapai 25 mIU/ml). Namun, kadar sensitivitas setiap alat tes kehamilan berbeda-beda. Semakin sensitif tentu semakin baik. Ada alat tes yang mampu mendeteksi kadar hCG sebanyak 5 mIU/ml saja.

Ketika alat tes menyentuh urine, biasanya akan terjadi perubahan warna, pertambahan garis, atau tanda tertentu (positif), yang menunjukkan ditemukannya hCG di dalam urine. Yang berbentuk setrip umumnya akan menunjukkan dua garis merah bila terdapat hCG di urine sebagai tanda positif hamil.

Bila tidak ada hCG dalam urine, yang akan muncul adalah tanda satu setrip saja yang berarti negatif, atau tidak hamil. Sedangkan pada alat yang berbentuk compact, jika urine yang disentuhkan mengandung hCG, maka akan muncul tanda positif. Sebaliknya, jika urine tidak (cukup) mengandung hCG maka yang muncul adalah tanda negatif, berarti tidak hamil.

Beda orang beda pula cara pandang dan reaksi yang ditimbulkan apabila tertarik atau penasaran akan suatu hal. Belum lama ini telah tayang di bioskop sebuah film karya anak bangsa dengan judul Test Pack. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama. Nah, karena belum nonton jadi saya belum bisa kasih komentar, sementara baru bisa kasih link ini saja untuk melihat review dan trailer dari film ini.

Hmmm.. jadi begitu ternyata cara kerja Test Pack ya, Alhamdulillah, atas ijin Allah juga rasa penasaran ini bisa menjadi postingan yang semoga bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar