Minggu, 27 Januari 2013

Ini Musang apa Garangan ya..?

Jam 12 malem kurang dikit lah, saya berangkat ke unit, meskipun baru lepas dines jam 10 malem tadi. Ada lembur jaga bongkar Bahan Bakar Minyak di unit, ya ceritanya ini lagi lembur gitu. Saya naik motor ke unit, nah pas di perjalanan, situasinya kan gelap, lampu depan motor saya ini sempat menyorot pada sebuah objek bergerak. saya menyimpulkan itu anjing, karena emang banyak anjing yang berkeliaran di lingkungan Gilimanuk ini.
Setelah jarak semakin dekat dengan yang saya kira anjing tadi, kesimpulannya mendadak berubah. Ternyata bukan anjing. Ukurannya lebih kecil dari anjing, lebih besar daripada kucing,  badan dan ekornya panjang. Wah wah mahkluk apakah itu..?
Saya sempat bertanya tanya dalam hati hingga sampai di unit. Dan meningkat statusnya menjadi penasaran. Apakah tadi yang saya lihat itu musang, garangan, atau bahkan rubah..? Meski bukan kali pertama menemui kejadian semacam ini tapi tetep aja sensasi penasarannya itu bikin mata gak ngantuk.






Kira kira penampakannya seperti gambar di atas lah. Dan beberapa kali saya menemuinya di unit juga ketika malam hari. Jelas hewan ini merupakan jenis hewan nocturnal. Lha terus apa yang membedakan antara musang, garangan, dan rubah..?
Ini ngeblog juga sambil googling lho nyari perbedaannya apa. Oke, mungkin ada baiknya di awal ini kita telaah dari penampakan secara fisik ya, biar tau aja bedanya, baru nanti dianalisa lebih detail.
Kalo musang kan tadi udah pada lihat ya, ni sekarang saya kasih penampakannya garangan, dapat dari kaskus..

Nah, gimana beda kan penampakannya, kalo gambar yang di bawah ini menampilkan si rubah, bukan rubah ekor sembilan..
Rubah ini ternyata lebih mirip srigala, tapi versi mini..
itu tadi perbedaan secara fisik ya tentang ketiga jenis hewan tadi. Jadi sekarang saya bisa mengambil kesimpulan, bahwa ternyata yang berpapasan di jalan tadi dan yang selama ini sering berkeliaran di unit itu adalah musang. Bisa dipelihara gak ya..? heheheee..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar