Sabtu, 16 Februari 2013

Parameter Kejujuran

Sudah beberapa hari ini saya berada di kota malang, tapi baru hari ini punya kesempatan untuk jalan jalan. Berburu kuliner yang ketika saya berada di rantau level kepinginnya sudah setara dengan wanita hamil yang lagi ngidam. Pergi ke pusat jajanan, tempat perbelanjaan, dan atau hanya sekedar muter muter di jalan protokol kota malang.

Ada pemandangan berbeda ketika melintas di jalan jalan kota malang, di beberapa sudut nampak dipasang banner, spanduk, berisi foto calon walikota yang akan berlaga di pilwali. Hajatan demokrasi warga kota malang ini sendiri memang akan dihelat di tahun 2013 ini. Tifak heran kalau para calon walikota ini sudah mulai tebar pesona untuk menarik simpati calon pemilihnya.

Semua warga tentunya ingin mendapatkan pemimpin yang jujur dan mampu membawa kota malang ini ke atah yang lebih baik. Namun di masa kampanye seperti sekarang ini, masing masing tim sukses pasti berusaha menampakkan calon yang mereka usung agar selalu nampak bsik dan unggul dari yang lain.

Sekedar uneg uneg dari saya ini, sebenarnya gak sulit koq menilai calon mana yang jujur. Tinggal lihat aja pada banner atau spanduk yang memajang foto mereka. Nah, dari jalan jalan saya tadi, saya mendapati foto para calon ini tampak cantik cantik dan ganteng ganteng. Nampak kulitnya bersih, cerah, dan menawan.

Di sinilah timbul pertanyaan, apa aslinya mereka juga seperti itu ya..? Atau jangan jangan itu cuma rekayasa saja. Hari gini apa yang g bisa dilakukan dengan photoshop. Gak perlu operasi plastik untuk merubah tampilan fisik. Gak perlu make up tebel untuk mempercantik diri.

Sekedar penampilan di banner dan spsnduk mungkin adalah hal sepele. Tapi dari hal yang sepele ini saja mereka sudah betani memanipulasi, bagaimana dengan hal hal besar ketika mereka kelak jadi pemimpin kota ini. Baru dalam tahap kampanye mereka sudah memanipulasi untuk memperoleh simpati, bagaimana nantinya jika mereka benar benar memenangkan pilwali ini.

Semoga ini hanya jdi pertanyaan di benak saya. Namun setidaknya kita harus lebih bijak nantinya dalam menentukan pilihan. Pilihan yang nantinya berdampak terhadap kelangsungan hidup kota kita tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar