Kamis, 29 November 2012

Kerja Malam

"Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.."


Tak asing lagi kan dengan petikan lagu di atas. Sebuah lagu yang sungguh fenomenal dari legenda hidup musik dangdut Indonesia, Rhoma Irama. Bukan tanpa alasan pastinya Bang Haji membuat lagu tersebut. Mungkin dahulu kala beliau pernah merasakan sakit akibat terlalu banyak begadang.

Kalau dicermati memang ada benarnya isi lagu begadang tadi, karena jika sering kena angin malam, resiko untuk terserang berbagai macam penyakit jadi meningkat. Maka dari itu, begadang jangan sampai dijadikan sebagai suatu kebiasaan, karena memang akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan kita. Bagaimanapun, secara alamiah kita manusia melakukan aktivitasnya di siang hari dan tidak didesain untuk hidup di malam hari. Berbeda dengan mahluk hidup nocturnal yang memang sebagian besar aktivitasnya dilakukan di malam hari.

Begadang boleh saja, kalau ada perlunya. Itu kata Bang Haji, namun bagaiman dengan mereka yang bidang pekerjaannya mengharuskan untuk dilakukan pada malam hari ? Mereka yang bekerja dengan sistem shift malam misalnya. Tentunya berbeda dengan begadang yang bisa dilakukan sekali waktu, tapi jika ini adalah pekerjaan tentunya butuh perlakuan khusus, agar kesehatan tetep terjaga dan upaya mencari nafkah juga tetap bisa jalan.

Nah, sebagai seorang yang bidang kerjaannya mengharuskan saya untuk beraktivitas di malam hari, saya ingin berbagi tips  untuk kalian yang kebetulan dihadapkan dengan situasi kerja yang sama. Link berikut akan membawa anda pada tips untuk tetap sehat saat harus kerja malam. Bekerja memang sebuah kewajiban bagi kita, tapi kesehatan juga nikmat Allah yang harus kita jaga. Tanpa kesehatan yang prima, tak mungkin kita bisa bekerja, apalagi untuk menikmati hasil kerja kita.

Semoga tips ini bisa berguna buat kita semua, sebagai penutup mari kita nikmati alunan lagu dari Bang Haji Rhoma Irama. Asyeeeeek..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar